Langsung ke konten utama

Pempek Palembang

Resep Pempek Palembang

empek-empek Hampir semua orang menyukai makanan khas daerah Palembang ini. Rasa gurih ikan tenggiri berpadu dengan kuah asam manis pedas atau biasanya disebut sebagai cuko pada pempek palembang ini sangat cocok di lidah orang Indonesia. Kali ini saya coba sajikan resep cara membuat empek empek enak.


Bahan :
-500 gr ikan tenggiri atau ikan gabus
-200 gr tepung sagu (bisa diganti dengan tepung tapioka)
-1 sdm tepung terigu
-garam dan penyedap secukupnya
-air es secukupnya( sekitar 10 sdm), kira-kira ketika adonan diuleni tidak lengket di tangan
 
Bahan cuko/ kuah pempek :
-2 sdm ebi
-4 siung bawang putih
-7 buah cabai rawit (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
-500 gr gula merah
-2 sdm asam jawa
-2 sdm cuka putih
-Garam secukupnya
-4 gelas air (sekitar 1 liter)

Cara membuat pempek palembang

1.Pisahkan daging ikan dari tulang dan kulitnya, kemudian haluskan dengan pirikan atau blender atau bisa juga dengan penggiling daging.
2.Campur ikan yang sudah dihaluskan bersama garam, penyedap, dan air es.
3.Kemudian tambahkan tepung sagu dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan tidak lengket di tangan.
4.Jangan lupa sesekali dicicipi agar rasanya pas.
5.Bentuk sesuai dengan jenisnya. Untuk jenis lenjer pulung 2 sdm adonan kemudian bentuk bulat panjang. Untuk kapal selam bentuk bulat, pipihkan kemudian isi dengan telur, rapatkan kembali di kedua ujungnya membentuk pempek kapal selam.
6.Masak 2 liter air hingga mendidih, kemudian masukkan pempek dan masak hingga mengapung. Jika sudah mengapung, angkat lalu tiriskan. Goreng pempek ketika akan menyantapnya.
Cara membuat saus pempek atau cuko
1.Haluskan ebi, bawang putih dan cabai rawit. Kemudian masak bersama gula merah, garam, asam jawa, cuka dan air hingga mendidih.
2.Jika sudah matang dinginkan kemudian saring.
Hidangkan pempek bersama cuko dan timun yang sudah dipotong-potong

sumber : google.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTI KATA MULTILINGUALISME, PLURILINGUALISME, BILINGUAL DAN MONOLINGUAL.

ARTI KATA MULTILINGUALISME, PLURILINGUALISME, BILINGUAL DAN MONOLINGUAL.   1. MULTILINGUALISME :  merupakan  tindakan menggunakan banyak bahasa oleh individu atau masyarakat . Di dunia terdapat lebih banyak orang yang multilingual daripada monolingual. Multilingualisme menjadi salah satu fenomena sosial yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi dan keterbukaan budaya. Berkat kemudahan akses informasi yang difasilitasi oleh Internet, semakin banyak orang yang terpapar oleh berbagai jenis bahasa.

PT. ISS Indonesia menggunakan Mesin Antrian End Que

Kami melakukan pemasangan Mesin Antrian END Que pada perusahaan multinasional, yakni PT. ISS Indonesia. Jumlah sumber daya yang dikelola tidaklah sedikit, antrian tidak bisa dihindarkan, bahkan tidak hanya pada satu layanan. Hal tersebut jelas menyulitkan bagian pelayanan untuk

Larangan Wanita Haid menurut Islam

Larangan bagi wanita haid Haid adalah suatu hal yang normal bagi wanita. Keluarnya darah dari organ reproduksi sebagai suatu mekanisme alamiah yang terjadi reguler setiap bulan memang harus diketahui oleh siapapun, termasuk bagi pria karena nantinya pria akan menjadi pendamping wanita dan mungkin memiliki anak wanita. Kali ini kita akan membahas mengenai larangan beribadah bagi wanita yang sedang haid .