Langsung ke konten utama

Puasa Syawal

Puasa syawal merupakan puasa 6 hari yang hanya dapat dilaksanakan di bulan syawal setelah hari raya (1 syawal) dan hukumnya sunnah. Keutamaan puasa 6 hari di bulan syawal adalah memperoleh ganjaran pahala seperti orang yang melaksanakan puasa setahun penuh. 




“siapa saja yang bershaum Ramadhan lalu meneruskan shaum 6 hari di bulan Syawal, maka orang tersebut bagai bershaum 1 tahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).


 Luar biasa bukan, karena rasanya tak seorangpun sanggup puasa satu tahun penuh.

Adapun masalah niat, anda boleh mengucapkannya ataupun tidak, bukan sebuah masalah karena niat adalah i’tikad yang muncul dalam hati. Namun bila anda suka dengan mengucapkan niat, maka boleh mengucapkan niat seperti dibawah ini.

 http://informasiana.com/wp-content/uploads/2015/07/niat-puasa-syawal.jpg
“Nawaitu shauma ghadin ‘an sittatin min syawwaalin lillahi ta’alaa”. Artinya: aku niat bershaum suunat 6 hari bulan Syawal karena Allah.

Waktu yang utama membaca niat berpuasa tersebut adalah dilakukan ketika malam. Maka ucapan niat bershaum sunnat mempunyai batasan sebelum memasuki waktu dhuhur.

Lebih utama adalah usai sehari perayaan Idul Fitri, namun jika tidak memungkinkan seusai itu pun tak mengapa selama masih dalam bulan Syawal. 

“Lebih utama puasa Syawal dilakukan secara berurutan karena itulah yang umumnya lebih mudah. Itu pun tanda berlomba-lomba dalam hal yang diperintahkan,” Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berkata. 

Puasa syawal boleh dikerjakan berurutan atau tidak, tetapi alangkah baiknya bila dilakukan berurutan karena menghindari dari menunda-nunda.


source:
http://www.google.com
http://sidomi.com/396116/inilah-niat-dan-tata-cara-puasa-syawal/
http://www.szaktudas.com/niat-puasa-syawal-6-hari-di-bulan-syawal-pengertian-dan-keutamaannya-47858.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTI KATA MULTILINGUALISME, PLURILINGUALISME, BILINGUAL DAN MONOLINGUAL.

ARTI KATA MULTILINGUALISME, PLURILINGUALISME, BILINGUAL DAN MONOLINGUAL.   1. MULTILINGUALISME :  merupakan  tindakan menggunakan banyak bahasa oleh individu atau masyarakat . Di dunia terdapat lebih banyak orang yang multilingual daripada monolingual. Multilingualisme menjadi salah satu fenomena sosial yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi dan keterbukaan budaya. Berkat kemudahan akses informasi yang difasilitasi oleh Internet, semakin banyak orang yang terpapar oleh berbagai jenis bahasa.

PT. ISS Indonesia menggunakan Mesin Antrian End Que

Kami melakukan pemasangan Mesin Antrian END Que pada perusahaan multinasional, yakni PT. ISS Indonesia. Jumlah sumber daya yang dikelola tidaklah sedikit, antrian tidak bisa dihindarkan, bahkan tidak hanya pada satu layanan. Hal tersebut jelas menyulitkan bagian pelayanan untuk

Pesan Undangan Custom Anti Ribet

Undangan Custom saat ini banyak disukai oleh calon pengantin era milenial. Tentu saja, karena desainnya yang kekinian dan simple. Disini kami menawarkan banyak sekali desain undangan pernikahan yang saat ini sedang trend.